VARIOUS TONE CONTROL TEAC

Tulisan ini tentang various tone control TEAC,nama product electronic dan audio terkenal dari negeri Jepang. Ia berdiri pada tahun 1953 bernama TTAC dengan produksi pertamanya adalah pita kaset dan merubah menjadi TOKYO ELECTRO ACOUSTIC COMPANY pada 1956.

Di Indonesia, TEAC terkenal dengan produksi pita kaset kosong untuk selanjutnya berisikan rekaman kopi-kopi lagu oleh perusahaan perekaman pada era 70 hingga 2000.

x

1. A1D

A1D adalah amplifier buatan TEAC yang menghasilkan daya keluaran hingga 50 watt dan memiliki tone control pada panel depannya.

SKEMA

Berikut ini adalah skema tone control pada amplifier ini:

tone control teac
Seksi tone control pada TEAC A1D

2. A7 A9

A7 adalah nama sebuah DC servo Amplifier buatan TEAC yang menghasilkan daya 2 x 60 Watt pada beban 8 Ohm. Sementara tone controlnya memiliki 2 buah pengendali, tyakni untuk nada TREBLE dan nada BASS.

Berikut ini adalah skema edit dari tone control buatan TEAC nomer A7 dan A9 ini

Seksi tone control pada TEAC A7

Pada skema tone control buatan TEAC ini menggunakan 2 tingkat OPAMP. OPAMP pertama bertugas sebagai penguat GAIN untuk menaikkan level tegangan sinyal.

OPAMP kedua bertugas sebagai penguat GAIN untuk nada TREBLE dan nada BASS. Skema ini biasa kita sebut dengan nama Baxandall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *